Sabtu, 25 Juli 2015

Lulus Kuliah Kenapa Masih Menganggur ?

Lulus Kuliah Kenapa Masih Menganggur ?

Di Perkirakan Setiap tahun pengangguran di Indonesia semakin bertambah saja, apalagi mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi tentunya semakin banyak dari mereka yang menganggur padahal kita tahu pendidikan mereka tinggi sudah seahrusnya mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Berbeda dengan mereka yang kurang beruntung mungkin sulit untuk mencari kerja karena masalah pendidikan sangat dominan dalam hal mencari kerja ini apalagi di kota besar seperti Jakarta ini.
Ada banyak sebab dan ada banyak kendala sebetulnya terjadi kenapa setiap mahasiswa lulus dari bagku kuliah mereka sangat sulit mendapatkan pekerjaan yang layak mereka, bukan tidak ada lapangan pekerjaan namun karena sebagian dari mahasiswa ini tidak tahu harus bagaimana untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Selain gengsi dan rasa malu yang berlebihan takut inilah takut itulah berbagai hal juga dapat mempengeruhi mereka dalam mendapatkan pekerjaan diantaranya :
  • Masa Kuliah Yang Tak Terlibat Dunia Luar
Maksud dari kata-kata diatas adalah pada saat mereka menjalani masa kuliah, mereka sama sekali tidak pernah mengikuti kegiatan lain diluar jam kuliah karena cukup memberikan pengetahuan dan wawasan bahwa kegiatan yang ada di luar jam kuliah sangat penting perannya untuk bisa melihat, mengetahui dunia luar sana yang suatu saat nanti akan kita gunakan untuk mencari pekerjaan. Kegiatn tersebut beruapa mengikuti seminar, kegiatan social, freelance atau kerjaan sampingan dan kegiatan lain yang memacu diri untuk tidak kaku dalam bertindak ketika lulus kuliah nanti.
  • Terlalu Memasang Target
Hal ini biasanya mereka yang terlalu memaksa diri untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan, jika pekerjaan tersebut tidak tercapai maka mereka tidak mau bekerja lebih baik mereka menganggur sampai pekerjaan tersebut mereka dapatkan. Jika anda berlaku seperti ini maka tidak akan pernah dapat pekerjaan sampai kapanpun kalau terlalu memasang target terlalu ekstrim dalam diri anda.
  • Terlalu Memilih Pekerjaan
Karena hanya tamatan universitas ternama maka mencari pekerjaanpun harus berkualitas dari segi nama perusahaan tersebut, gaji dan fasilitas lain yang hendak di dapat dalam pekerjaan tersebut. Mungkin bagi mereka yang memang orang kaya mungkin bisa terjadi karena mereka sudah memiliki peran penting dalam dunia kerja sana seperti ada keluarga mereka yang memiliki perusahaan yang mereka dapat bekerja di sana namun bagaimana dengan kita yang hidupnya pas-pasan mungkin akan lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan seperti jika hanya mengadalkan ijazah saja.
Mulailah belajar mencintai diri anda, jalani pekerjaan apa saja yang penting halal, jika anda terus berlatih dalam pekerjaan tersebut dan pengalaman anda terus meningkat maka suatu saat nanti kau akan mendapatkan tempat pekerjaan yang lebih baik tentunya. Ikuti proses hidupmu dengan baik jangan terlalu memilih karena anda melakukan hal tersebut maka anda akan sulit untuk bisa bekerja setelah tamat kuliah nantinya.
  • Prestasi
Berprestasi dalam bangku kuliah tentunya sangat baik untuk perkembangan dalam karier anda selanjutnya baik itu untuk melangkah menyambung kuliah lagi maupun dalam mencari kerja karena perusahaan sangat ingin memiliki karyawan yang memiliki prestasi baik. Jadi jangan malas untuk belajar dan menyiakan waktu untuk bermain saja karena jika anda pintar berprestasi maka jika anda sudah lulus nanti bukan anda yang mencari pekerjaan namun pekerjaan yang akan mencari anda, tentu hal ini sangat menyenangkan bagi anda dan anda bisa mematok harga berapapun pasti mereka sanggup karena diri anda orang yang pintar dan berprestasi.
Mungkin itulah beberapa hal yang bisa anda ingat untuk dapat anda pahami khususnya bagi mereka yang sedang menjalani masa kuliah saat ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.
Sumber gambar : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar